SURAT PRIBADI RESMI UNTUK PERUSAHAAN

28/08/2012 at 18:29 Leave a comment

a.SURAT LAMARAN KERJA

Surat lamaran kerja pada hakikatnya adalah surat permintaan. Surat lamaran ditulis oleh pencari kerja dan ditujukan kepada pemilik kerja (employer) atau orang yang berwenang merekrut tenaga kerja pada suatu organisasi. Meskipun tujuan pelamar mengajukan lamaran adalah agar bias diterima kerja, namun sasaran utama surat lamaran kerja SURAT bukanlah untuk mendapat pekerjaan. Sasaran yang sebenarnya dari surat lamaran adalah agar pelamar diberi kesempatan untuk mengikuti tes atau dipanggil wawancara. Para pencari kerja tidak perlu berharap terlalu banyak dari surat lamaran bahwa surat tersebut bias membuatnya diterima bekerja, kecuali kalau surat tersebut bias membuatnya diterima bekerja, kecuali kalau surat lamaran tersebut hanya untuk formalitas semata. Surat lamaran bias dikirim sebagai respons dari suatu iklan lowongan kerja atau berita tentang adanya lowongan pekerjaan dari mulut ke mulut, atau atas inisiatif penulis sendiri menawarkan kemampuannya kepada pemilik kerja atau organisasi yang membutuhkan tenaga kerja.

Untuk menyusun surat lamaran, penulis harus mengikuti prinsip jelas dan menarik. Jelas, maksudnya adalah penulis lamaran harus secara spesifik menjelaskan jabatan yang diinginkan, latar belakang pendidikan, kemampuan yang dimiliki, status kerja yang diinginkan (kontrak atau pegawai tetap), dan sebagainya.

Prinsip menarik, artinya penulis mengemukakan fakta, data, atau gambaran yang mendukung pencapaian tujuan penulisan surat lamaran, yaitu menggugah mintat pembaca untuk memanggilnya mengikuti tes atau wawancara. Sebagai contoh, penulis yang ingin melamar sebagai sekretaris tentu harus mengemukakan berbagai data mengenai kemampuannya dalam menjalankan tugas kelak, seperti pendidikan kesekretarisan yang telah diperoleh, kemampuan mengetik, kemampuan berkorespondensi, kemampuan menerima dan menolak tamu, dan sebagainya.

Dalam surat lamaran, data yang dikemukakan cukup data yang signifikan saja. Rincian riwayat hidup dan karier penulis dicantumkan dalam Curriculum Vitae yang dilampirkan pada surat lamaran tersebut. Selain itu, untuk mempertegas kebenaran data yang disampaikan, penulis surat lamaran sering melampirkan surat referensi atau rekomendasi dari orang yang bias dipercaya (lihat pembahasan mengenai Surat Referensi dan Surat Rekomendasi).

Surat lamaran merupakan surat yang kedatangannya sering diharapkan oleh pembacanya, terutama pemilik kerja yang memasang iklan lowongan. Oleh karena itu, surat lamaran ditulis dengan menggunakan pendekatabn langsung. Rincian urutan penyampaian isi surat lamaran adalah sebagai berikut.

v Bagian pembuka                                          

Mengemukakan niat melamar pekerjaan dengan menunujuk sumber informasi yang menjadi latar belakang penulis melamar pekerjaan. Sumber informasi yang menjadi latar belakang tersebut misalnya iklan lowongan di media massa, pemberitahuan lowongan dari sanak saudara atau teman, atau juga dorongan dari penulis sendiri untuk melamar

v Bagian tengah

Merinci alasan penulis melamar kerja, misalnya dengan menunujukkan bahwa diri penulis memenuhi syarat, baik dari segi pendidikan, keterampilan, pengalaman, atau pengetahuan.Apabila dimungkinkan, menjelaskan hal-hal spesifik yang diharapkan dari pekerjaannya, misalnya gaji, tunjangan, lembur, dan sebagainya.

v Bagian penutup

Menegaskan keinginan yang menjadi sasaran penulis, misalnya ‘agar diberi kesempatan untuk mengikuti tes’ atau ‘mohon diperiksa dengan baik dan diberi kesempatan untuk mengikuti tes’.Menutup dengan member kesan yang meyakinkan dan baik.

Entry filed under: knowledge. Tags: .

PENGERTIAN KORESPONDENSI DAN SURAT CONTOH BENTUK SEMUA SURAT RESMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 18,703 hits

Top Clicks

  • None

my facebook

my campus

August 2012
M T W T F S S
« Jul    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

ketika si phobia kecoak berkicau...

tiada hal yang paling indah selain.. KEANEHAN. yap, aneh itu indah. setidaknya buat gue!

shieciwex

A fine WordPress.com site

Muhamad Nano

Everythings is ok

diniashalwa

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Nilam Cahya

"Dream, Pray , and Action "

%d bloggers like this: